Kamis, 29 Agustus 2013

Lesula

Lesula
Klasififikasi Ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Primates
Family: Cercopithecidae
Genus: Cercopithecus
Spesies: C. lomamiensis
Nama Binomial
Cercopithecus lomamiensis
Hart et al., 2012
Lesula (Cercopithecus lomamiensis) adalah spesies monyet Old World dalam keluarga guenon, ditemukan di Lomami Basin Kongo. Meskipun dikenal penduduk lokal, itu tidak diketahui oleh masyarakat ilmiah internasional sampai ditemukan pada tahun 2007 dan dikonfirmasi dalam publikasi 2012. Lesula adalah spesies baru kedua monyet Afrika untuk ditemukan sejak tahun 1984. monyet ini digambarkan memiliki mata yang tampak manusia dan bawah biru laki-laki "Dan dewasa memiliki patch telanjang besar kulit pantat, testis dan daerah perianal, "kata John A. Hart, peneliti yang menggambarkan monyet. "Ini adalah biru cerah, benar-benar sangat spektakuler.lesula tinggal di hutan hujan di Republik Demokratik Kongo, dengan 2.007 spesimen ditemukan di penangkaran di desa Opala. Sejak penampakan itu, juga telah terlihat di alam liar. Kisaran adalah antara Lomami dan Tshuapa sungai di bagian tengah negara itu.
Lesula rawan terhadap perburuan hewan liar. Melindungi spesies bisa menantang, karena spesies dengan seperti rentang kecil yang awalnya dari rentan menjadi serius terancam dalam beberapa tahun.Dalam Pelestarian
rentang lesula telah diusulkan Lanskap Tshuapa-Lomami-Lualaba, dan Taman Nasional Lomami untuk melindungi spesies ini dan lainnya di wilayah tersebut.

Spesies ini terdaftar di antara Top 10 Spesies Baru 2013 ditemukan pada tahun 2012 karena dipilih oleh Institut Internasional untuk Eksplorasi Spesies di Arizona State University dari lebih dari 140 spesies dinominasikan. Kekhasan adalah mempunyai mata seperti manusia, area genital dan paduan suara booming fajar. Pemilihan ini dideklarasikan pada tanggal 22 Mei 2013.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Lesula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar